Jumat, 08 Maret 2013

Perancangan Sisem Berorientasi Objek


1.apa analisis berorientasi objek, dan apa adalah beberapa keuntungan dari menggunakan teknik ini ..?

      · Pemrograman berorientasi objek menggunakan bahasa SIMULA
      
2. Mendefinisikan obyek, dan memberikan contoh
      
      · Sebuah objek adalah sesuatu yang mempunyai keadaan, prilaku, dan identitas.
      · Contoh: Mahasiswa

3.define atribut, dan memberikan contoh ..?

      · Atribut adalah nama-nama property dari sebuah kelas yang menjelaskan batasan nilainya dari property yang dimiliki oleh sebuah kelas tersebut.
      · Contoh: Alamat
      Atribut dari alamat : nama jalan ,kode pos ,kota ,propinsi.

4.define metode, dan memberikan contoh ..?

      · Sesuatu ilmu yang merumuskan aturan-aturan dari suatu prosedur.
      · Contoh : METODE MENGAJAR
            Metode Kooperatif.

5.Define enkapsulasi dan menjelaskan manfaat yang menyediakan ..?

      · Encapsulation adalah merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses.Contoh :

      -> Informasi/properties obyek rekening : No rekening, Nama , alamat dll
      -> Perilaku/method obyek rekening : buka, tutup, penarikan, penyimpanan, ubah nama, ubah  alamat  dll
      -> Kita bungkus/encapsulate informasi dan perilaku tersebut pada obyek rekening
      -> Sehingga perubahan-perubahan pada sistem perbankan yang berkaitan dengan rekening diimplementasikan sederhana pada obyek rekening.

6.Define polimorfisme, dan memberikan contoh ..?

      Polymorphism adalah yaitu konsep yang menyatakan bahwa suatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan “gerak cepat”, dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut.

7. Define kelas, subclass, dan superclass, dan memberikan contoh ..?

Kelas adalah template untuk membuat objek.

Contoh sebuah kelas adalah Orang. Kelas Orang dapat mengandung atribut seperti nama dan tanggal_lahir dan prosedur seperti isi_nama dan isi_pekerjaan dan peroleh_nama dan peroleh_pekerjaan.

Subkelas adalah kejadian dari suatu kelas. dan Class yang diwarisi disebut subclass.

Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda termasuk superclass.  Sepeda gunung termasuk subclass.

Super kelas adalah kumpulan kelas Class yang mewarisi disebut superclass

contoh: terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda termasuk superclass.  Sepeda gunung termasuk subclass.


8. Project untuk diskusi minggu depan ..?


    a. Sejarah dan perkembangan UML
Object-Oriented Modeling Language muncul pertengahan1970 an dan akhir dari 1980 an yang digunakan sebagai sebuah metodologi seiring dengan munculnya Object-Oriented Programming Language baru dan semakin pesatnya permintaan aplikasi sistem komputer yang kompleks sehingga dimulailah delevopmen alternatif lain untuk melakukan analisa dan desain. Dari tahun 1989 sampai dengan 1994, object-oriented method demikian banyaknya. Tapi tetap saja metoda-metoda tesebut belum mampu menghandle kebutuhan penggunananya.
Akhirnya ada 3 generasi baru yang paling berpengaruh yaitu Booch, Jacobson’s OOSE (Object-Oriented Software Engineering) dan RUmbaugh’s OMT (Object Modelling Technique). Method yang lain juga adalah Fusion, Shlaer-Mellor, and Coad-Yourdon. Setiap method ini mempunyai kelebihan dan kelemahannya.

Kalau dilihat secara cepat, Booch sangat membantu saat desain dan fase pembuatan proyek. OOSE memberikan support terbaik pada use case sebagai pemetaaan keperluan dan analisa.OMT sangat berguna ada analisis dan sistem informasi data-intensive. Kejadian paling penting terjadi pada saat Grady Booch (Rational Software Corporation), Ivar Jacobson (Objectory), dan James Rumbaugh (General Electric) mulai mengadopsi method masing-masing dan berkolaborasi membuat bahasa yang terpadu/unified.

Ada 3 target yang ingin mereka capai dengan unifikasi ini:

membuat sistem model, dari concept ke executable, menggunakan teknik Object Oriented
mengatasi masalah scale yang biasanya terjadi pada sesuatu yang kompleks
membuat modeling language yang berguna baik bagi manusia ataupun mesin.
UML resmi didevelop pada bulan Oktober 1994 ketika Rumbaugh bergabung dengan Booch. Draft dari Unified Method versi 0.8 di release Oktober 1995. Pada tahun yang sama skope UML ekspansi ke OOSE untuk release UML 0.9 pada bulan Juni 1996.

     b. Informasi tentang grup dan organisasi yang mendukung dan membahas    metode dan isu berorientasi objek.

Kemampuansebagai pemrograman yang mendukung orientasi objek bukanlah satu – satunya fitur baru dari PHP 5. Akan tetapi dukungan orientasi objek ini merupakan salah satu fitur yang cukup menonjol sekali. Terbukti dengan adanya perbaikan fitur berbasis objek dalam versi ini dan ditambahkan pula model objek baru yang tidak ditemukan di versi sebelumnya. Bagaimanapun juga pendekatan pemrograman dengan berorientasi objek mampu menyajikan kode program lebih sederhana dan reusability sehingga memudahkan



    c. Case tools pendukung UML:

Use Case Model
menunjukan bahwa secara fungsional sistem akan menyediakan dan menunjukan mana pengguna dan bagaimana berkomunikasi dengan sistem. Bagian – bagian dari use case diagram  :

a.    Use Case
Use case digunakan  untuk menggambarkan deskripsi fungsional dari sistem dari perspektif pengguna (user), yang berisi satu set perilaku terkait transaksi yang biasanya dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan nilai bagi pengguna.
b.    Actor
Actor mewakili peran orang, sistem lain, perangkat lain, ketika berkomunkasi dengan kasus penggunaan tertentu dalam sistem.
c.    Communication Association
Merupakan contoh koneksi logis antara actor dengan use case.
d.    Subsystem Boundary
Boundary mendandakan batasan, pengklarifikasian komponen atau subsistem pada use case.
e.   Extend and Include Relationship
Extend digunakan ketika anda ingin menunjukan bahwa use case memberikan tambahan fungsional yang mungkin diperlukan dalam penggunaan use case lain.
Include digunakan ketika ada urutan perilaku (use case) yang digunakan dalam sejumlah kasus, dan anda ingin menghindari menyalin deskripsi yang sama itu ke dalam setiap use case yang digunakan. Atau bisa dikatakan bahwa include menggambarkan use case yang dimasukkan didalamnya perilaku dari use case lain.


0 komentar:

Posting Komentar